Percobaan 3 Modul 1

 


1. Komponen [kembali]
1. Arduino UNO


2. Keypad 3x4


3. LCD 16x2




#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>

const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},
    {'7','8','9'},
    {'*','0','#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad

// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
  // set up the LCD's number of columns and rows:
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {
char key = keypad.getKey();

    if (key) {
        lcd.print(key);
    }
}

5. Video [kembali]




Kondisi

Menampilkan input keypad pada LCD

Analisa

1.     1. Pada rangkaian digunakan pin LED D4-D7, kenapa tidak digunakan dari pin D0?

Jawab :

Karena pin pin D4-D7 berfungsi sebagai penerima dari pin analog dari Arduino, dan pin analog pada Arduino hanya memiliki 4 pin sebagai input ke LCD

2.     2. Pada rangkaian digunakan keypad 3x4, bagaimana jika digunakan keypad 4x4? Jelaskan!

Jawab :

Perubahan yang terjadi adalah Ketika kita mendeklarasikan cols = 3 menjadi cols = 4. Artinya kita telah mengubah keypad yang awalnya 3x4 menjadi 4x4. Kemudian kita juga mengubah

{'1','2','3'},       Menjadi           {'1','2','3',’*’},

{'4','5','6'},                               {'4','5','6',’*’},

{'7','8','9'},                               {'7','8','9',’*’},

{'*','0','#'}                                {'*','0','#',’*’}

 

Perubahan yang terjadi adalah kita bisa memasukan perintah yang lain pada tanda * seperti tanda tambah (+), kurang (-), kali (x) dan bagi (:)


7. Link Download [kembali]
Download video simulasi disini
Download rangkaian disini
Download HTML disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar